Welcome & Thank You For Visit This Site

May 10, 2009

Masa Pra Sejarah Di Indonesia



Masa Pra Sejarah.... berasal dari 2 kata yaitu Pra = Sebelum dan kata Sejarah = Tulisan. So... masa pra sejarah Adalah Masa dimana Orang belum mengenal Tulisan. Jadi.. kalo masa pra sejarah belum mengenal tulisan... maka masa sejarah adalah masa dimana nenek moyang kita sudah mengenal tulisan. (bener gak...) hehehe :)
Indonesia memasuki masa sejarah atau masa mengenal tulisan yaitu pada masa Kerajaan Kutai yang terletak di Lembah Sungai Mahakam (kal-tim), kog bisa ya...? ya donk... karna di di Kutai lah di temukan Tulisan Pertama yaitu memakai bahsa paku atau sansekerta. Namanya Yupa (yaitu : sebuah batu bertulis)yang di dalamnya terdapat silsilah raja2 kerajaan Kutai.
Penasaran....


Masukkan Code ini K1-CD6Y13-8
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Para peneliti kemudian membagi masa Pra Sejarah menjadi 2 Bagian yaitu :

Berdasarkan Geologi = berdasarkan lapisan kulit bumi. Masa Ini ada 5 Bagian besar:
  • Azoikum = masa dimana belum terdapat kehidupan, berasal dari kata : a=tidak dan zoikum=kehidupan.
  • Paleozoikum = Kehidupan Primer/Tertua, berasal dari kata Paleo=Tua dan Zoikum=Kehidupan
  • Mesozoikum = Kehidupan Sekunder/Pertengahan,berasal dari kata Meso=Pertengahan dan Zoikum=Kehidupan
  • Neozoikum, Pada zaman ini terbagi menjadi 2 zaman. Yaitu : zaman tersier dan kuarter. Dimana pada zaman kuarter lah jenis-jenis manusia puba pernah hidup. Hingga pada lapisan Holosen yang merupakan bagian dari zaman kuarter disana pertama kali ada manusia cerdas yaitu Homo Sapiens yang di temukan Oleh Eugene Dubois.
Berdasarkan Alat yang digunakan, yaitu Zaman Batu dan Zaman Logam. Pada zaman batu atau bahasa kerennya Liticum terbagi menjadi 4 zaman yaitu : Paleolitikum, Mesolitikum, Neoliticum dan Megalitikum. Sedangkan Zaman Logam, sering dikenal dengan zaman pembabakan atau zaman dimana orang mulai berteknologi yaitu dengan perunggu dan besi.

  • Paleoliticum = berasal dari kata paleo = tua dan liticum = zaman batu. Jadi paleolitikum merupakan zaman batu tua atau zaman batu pertama.
Cipok=Ciri2 Pokok : Nomaden, Food Gathering, dan Alat yang digunakan juga masih kasar (kapak genggam, flakes, dlll)
  • Mesolitikum = berasal dari kata meso = pertengahan dan liticum = zaman batu. Jadi mesolitikum merupakan zaman batu pertengahan.
Cipok=Ciri2 Pokok : Mulai Menetap, Mulai Food Producing, dan Alat yang digunakan juga sudah mulai di asah jadi sdh mulai halus.....
Beberapa hasil Kebudayaannya : Kjokkenmodinger=Merupakan sampah dapur atau timbunan kulit kerang, dan Abris Souch Rouch=merupakan kebudayaan tinggal di Goa.
  • Neoliticum = berasal dari kata neo = baru/muda dan liticum = zaman batu. Jadi neolitikum merupakan zaman batu baru/muda.
Cipok=Ciri2 Pokok : Sudah Menetap, Food Producing, dan Alat yang digunakan juga sudah di asah jadi sdh halus..... Contohnya : beliung persegi, dll
Zaman ini juga sering dikenal dengan zaman Revolusi Kehidupan, karna pada zaman ini lah terjadi perubahan dari food gathering menjadi food producing.
  • Megalitikum = berasal dari kata mega = besar dan liticum = zaman batu. Jadi megalitikum merupakan zaman batu besar.
Cipok=Ciri2 Pokok : Sdh mengenal sistem kepercayaan (animisme & dinamisme), juga sudah memiliki pemerintahan yang baik, gotong royong jg sdh ada.... dll

Sebenarnya masih banyak lagi ne tentang Masa Pra Sejarah..... mau yang lengkapnya silahkan downlod di sini Sejarah I.Doc

0 komentar:

Post a Comment

 
Research Education
Marketing plan, Case study, and Article about research
http://www.kerub.co.cc/