Welcome & Thank You For Visit This Site

May 2, 2009

Informasi Ujian Masuk Bersama (UMB) 2009 ada 7 PTN di Indonesia

Ujian Masuk Bersama atau yang sering dikenal dengan UMB-SPMB, sudah dilaksanakan setahun yang lalu. Program ini diikuti oleh 7 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, diantaranya adalah :
- Universitas Syiah Kuala - Banda Aceh
- Universitas Sumatera Utara - Medan
- Universitas Jambi - Jambi
- Universitas Negeri Jakarta - Jakarta
- Universitas Indonesia - Jakarta
- Universitas Islam Negeri Jakarta - Jakarta
- Universitas Islam Negeri Makassar - Makassar


Pendaftaran dilakukan secara online dengan terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran ke cabang-cabang bank BNI terdekat di kota Anda.

Biaya pendaftaran untuk pilihan kelompok IPA atau IPS adalah sebesar Rp. 200.000,- sedangkan untuk pilihan kelompok IPC sebesar Rp. 225.000,- Kelompok IPA dapat memilih empat buah program studi pilihan di kelompok IPA. Kelompok IPS dapat memilih empat buah program studi pilihan di kelompok IPS. Kelompok IPC dapat memilih dua buah program studi pilihan di kelompok IPA dan dua buah program studi pilihan di kelompok IPS.

Bank BNI akan memberikan Nomor Pendaftaran dan PIN yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online di situs ini.

Pembayaran dan pendaftaran dapat dilakukan mulai dari tanggal: 27 April 2009 sampai dengan tanggal 26 Mei 2009.
Ujian tulis akan dilaksanakan di Banda Aceh, Medan, Jambi, Jakarta, Makasar, Padang, Cirebon, Palembang, Bandar Lampung, Tangerang, Semarang dan Surabaya pada tanggal 6 dan 7 Juni 2009.
Pengumumuan hasil seleksi secara online dengan menggunakan account pendaftaran setiap peserta pada tanggal 29 Juni 2009.

Peserta UMB-PTN tahun 2009 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1. Tamatan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb.) tahun berjalan (2009) dan atau paling lama kelulusan 3 (tiga) tahun terakhir, (tahun 2008 dan 2007).
2. Tamatan Paket C tahun berjalan (2009) atau Tamatan Paket C tahun 2007 dan 2008 yang memiliki raport tiga tahun (selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut)
3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang dalam belajarnya diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna).

Bagi yang tinggal di sekitar Medan (SUMUT), Universitas Sumatera Utara memberikan bimbingan gratis bagi siswa/i yang mau mengikuti UMB secara online.
”Bimbingan yang disebut ”pengarahan pendaftaran on-line” itu sebagai antisipasi atas minimnya informasi di kalangan pendaftar,” kata Ketua Panitia Lokal (PL) UMB-SPMB USU dan Sekretaris, Prof Sumono dan drg Saidina Hamzah Dalimunthe melalui Penanggung Jawab Informasi, Bisru Hafi SSos MSi, Rabu (29/4).

Silahkan datang ke Kantor PL UMB-SPMB USU (gedung Cikal), Jalan dr Mansyur, Kampus Padang Bulan. Bimbingan diadakan dua kali sehari setiap hari kerja.

Sesi pertama dimulai pukul 10.00 WIB, sementara sesi kedua jam 12.00 WIB. Setiap hari digelar dua sesi, kecuali pada setiap Jumat yang hanya sekali sehari pada pukul 10.00.

Info terakhir oleh harian Analisa ; 30 April 2009, mengatakan bahwa sudah ada 572 orang pendaftar dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 246 orang untuk kelompok sosial (IPS) dan 332 orang untuk kelompok campuran (IPC).Dari jumlah itu, sebanyak 464 orang di antaranya sudah mendaftar on-line dengan perincian untuk kelompok IPA 253 orang, kelompok IPS 101 orang dan kelompok IPC 110


0 komentar:

Post a Comment

 
Research Education
Marketing plan, Case study, and Article about research
http://www.kerub.co.cc/