Welcome & Thank You For Visit This Site

May 8, 2009

Atur Domain Anda di CO.CC

Memiliki sebuah web / Domain di dunia maya hampir sama dengan memiliki sebuah lahan tanah dengan bangunan di atasnya. Karena nama domain yang kita miliki pada akhirnya bisa juga di lirik oleh beberapa perusahaan atau pun personal yang menginginkan domain yang sama seperti yang kita miliki. karna nama doamain tidak boleh sama :) alias satu domain untuk satu orang / institusi maka untuk mendapatkan nama domain yang sama harus membeli dari si pemilik domain. (So... cari nama Domain yg laris manis dan parkirkan. kali ajha ada yang lirik) ;)
CO.CC:Free DomainNamun kita tidak membahas itu, yang mau saya bahas adalah bagaimana mendapatkan domain dan hosting gratis yang juga memanfaatkan blogspot.com yang kemudian dimasukkan ke co.cc (link saya).
Berikut Cara-cara nya :
  1. Anda harus memiliki account di co.cc, jika belum memiliki maka Anda harus register dulu di co.cc. Namun jika sudah memiliki Account di co.cc Anda dapat langsung Login/Saig in ke co.cc.
  2. Untuk mempermudah, ganti dulu dengan bhs Indonesia. hehe :D (i love Indonesia)
  3. Cari nama domain yang anda ingin kan dengan cara mengisi pada kolom www._____.co.cc lalu cek ketersedian. Sutra.....???
  4. langkah berikutnya Atur DNS. Ini biasanya digunakan untuk sebuah web yang memerlukan web hosting dan mengharuskan untuk mengarahkan Name Server-nya ke hosting tersebut. Untuk web hosting saya memakai 000webhost
    Free Website Hosting
    Tapi sebelum itu Anda harus register dulu di 000webhost. dan memasukkan nama domain yang sudah Anda buat sebelumnya di co.cc. perlu di ingat bahwa 000webhost juga menyediakan domain sendiri bagi yang belum memiliki domain. Dan ini jg Gratis.
  5. Kita Kembali ke Setting DNS di co.cc yang telah Anda buat. Cara setting DNS untuk metode ini yaitu dengan mengisi pada kolom"Name Server 1 dan Name Server 2 dengan name server yg sesuai dengan hosting yang digunakan. seperti saran saya menggunakan hosting dari 000webhost maka untuk kolom "Name Server 1" disi dengan "ns01.000webhost.com" dan kolom "Name Server 2" disi dengan "ns02.000webhost.com". Kemudian klik tombol "Setup". Selesai
  6. Setelah itu kita menuju ke Zone Records, Zone records cocok digunakan bagi para pengguna blogger/blogspot. berikut ini cara setting untuk Zone Records
  • Pada kolom "Host" isikan dengan nama domain yg sudah km daftarkan, misal "www.namadomain.co.cc" (jangan lupa dikasih "www")
  • Untuk option "TTL" biarkan saja, gak perlu dirubah2
  • Pada option "Type" pilih yang "CNAME"
  • Untuk kolom "Value" isikan "ghs.google.com"
Langkah selanjutnya yaitu merubah settingan di blogger/blogspot caranya begini:
  • Login ke blogger/blogspot kemudian masuk ke menu "Setting-->Publishing
  • Kemudian pilih "Switch to: Custom Domain
  • Setelah itu klik pada "Already own a domain? Switch to advanced settings"
  • Kemudian isikan nama domain kamu yang baru pada kolom"Your Domain".
  • Selanjutnya klik tombol "Save Setting"


    Selesai. Kalau berhasil (Settingnya sudah benar) maka domain kamu yang baru akan aktif dalam waktu antara beberapa jam sampai 2 hari. Jadi sabar aja menunggunya. Blog kamu akan tetap bisa diakses dengan melalui domain yang lama.

    Untuk URL Forwarding, di kosongkan saja...

    Ok selamat mencoba!!!!


1 komentar:

Ikut comment ya choy....
:))

Post a Comment

 
Research Education
Marketing plan, Case study, and Article about research
http://www.kerub.co.cc/